Downtime Server IIX 01/11/2010

Pelanggan HostingCeria Terhormat,

Sebelumnya kami mohon maaf atas gangguan akses yang terjadi pada server Shared Hosting IIX sejak 1 November 2010 pukul 16:45. Permasalahan ini terjadi pada awalnya karena adanya terputusnya akses DNS Cluster kami yang berfungsi sebagai pengatur DNS Domain sekitar jam 14:00, berhubung terputusnya akses server hosting ke DNS Cluster cukup lama maka hal ini mulai mengakibatkan adanya gangguan akses dari beberapa pengguna.

Sebelum kejadian tersebut sebenarnya beberapa hari lalu kami sudah merencanakan untuk melakukan migrasi IP lama ke IP baru karena dari pihak datacenter saat ini sudah dapat mengelola IPnya sendiri sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas jaringan, hal ini berkaitan dengan blok IP berawalan 117.103.58.xxx yang kami gunakan terus menerus mengalami gangguan akses baik keluar/kedalam tanpa adanya penjelasan atau tanggapan lebih lanjut dari pihak ISP.

Oleh karena itu sejak pukul 16:30 kami berinisiatif mengubah IP utama dari server ke IP yang baru (IP account hosting terpisah sendiri – sendiri) dengan harapan dapat memulihkan sambungan ke DNS Cluster dan server tetap berjalan normal, namun pengubahan ke IP baru ini ternyata menimbulkan dampak lanjutan dimana panel server cPanel yang kami gunakan menolak IP baru tersebut sehingga IP baru ini tersangkut hanya bisa berfungsi diakses ke cPanel tetapi tidak bisa terhubung dengan IP account hosting yang ada sehingga mengakibatkan downtime cukup lama, sejak itu kami terus berkonsultasi aktif dengan bantuan staff cPanel agar permasalahan ini dapat segera diselesaikan. Kami juga mengambil keputusan untuk sekaligus mempercepat migrasi IP pada IP account hosting agar permasalahan ini dapat terselesaikan secara tuntas tanpa harus mengakibatkan downtime tambahan lagi nantinya untuk mengubah IP account hosting.

Seluruh IP pada account hosting IIX sudah kami migrasikan dengan informasi sebagai berikut:

  • Nusantara = 49.0.7.237 (sebelumnya 117.103.58.132)
  • Batavia = 49.0.7.234 (sebelumnya 117.103.58.130)

Apabila anda menggunakan custom DNS atau private name server maka dapat mengarahkan pointing IP sesuai keterangan diatas. Saat ini migrasi IP sudah selesai begitu juga dengan permasalahan IP yang kami alami kemarin sudah teratasi dengan baik, namun berhubung adanya propagasi IP yang baru, mungkin anda masih akan mengalami gangguan akses dalam kurun waktu 6-48jam kedepan, hal ini akan normal dengan sendirinya.

Mohon maaf sebesar – besarnya atas gangguan downtime yang terjadi dan terima kasih atas perhatiannya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *