Informasi Perihal Lambat/Gangguan Akses Pada ISP IndiHome

Per Senin, 7 Juni 2021 ini yang kebetulan bertepatan dengan dimulainya proses PPDB Jakarta 2021, kami menerima cukup banyak komplain dan laporan perihal lambatnya akses ke layanan hosting dan server kami yang berada di lokasi indonesia terutamanya dari pelanggan IndiHome serta beberapa isp lain yang turut membeli bandwidth dari Telkom. Pada saat ini, jika anda melaporkan masalah ini pada pihak Telkom (telp 147) maka secara umum prosedur yang diminta adalah dengan melakukan restart modem atau pengetesan pada website umum seperti Google dan Youtube, namun apakah pengetesan ini sudah benar untuk memahami bahwa koneksi internet yang anda gunakan (IndiHome) tidak bermasalah? Ijinkan kami menjelaskan lebih lanjut perihal masalah yang sering terjadi pada gangguan akses IndiHome ini.

Interkoneksi OpenIXP dan IIX APJII

Pada interkoneksi jaringan lokal server di indonesia terdapat 2 ring interkoneksi yang umum yaitu OpenIXP dan IIX. OpenIXP dan IIX APJII adalah internet exchange milik lokal Indonesia yang berfungsi untuk menggabungkan seluruh jaringan yang digunakan oleh ISP (Internet Service Provider) di Indonesia tanpa perlu terhubung ke internet exchange global (internasional) sehingga lebih efisien, cepat dan biaya lebih murah.

Apakah OpenIXP dan IIX APJII Gratis?

Ya, secara umum tidak ada biaya khusus terkait interkoneksi ke OpenIXP dan juga IIX ini selain dari biaya meletakkan perangkat switch dan router (colocation) yang terbilang sangat murah.

Jika Bermasalah, Mengapa Akses ke Google dan Youtube Memungkinkan?

Akses pada Google dan Youtube menggunakan jalur CDN khusus yang sudah disiapkan oleh pengelola Content Provider untuk terhubung pada server utama yang berada di luar negri dan tidak menggunakan jalur OpenIXP dan IIX. Sebagai perbandignan yang lebih akurat, anda dapat melakukan pengetesan ke website konten berita lokal misalkan detik.com karena sudah pasti akan menggunakan jalur OpenIXP atau IIX.

Interkoneksi Telkom OpenIXP dan IIX Sudah Penuh/Overload

Pada saat jam sibuk, bandwidth interkoneksi yang tersedia dari Telkom ke OpenIXP dan IIX sudah sangat tidak memadai untuk operasional sehari-hari seluruh pelanggan Indihome di Indonesia. Berikut ini kami lampirkan grafik penggunaan MRTG (Multi Router Traffic Graph) Telkom ke OpenIXP dan IIX:

openixp-telkom
iix-telkom

Bagi anda yang berminat juga dapat mengakses grafik realtime MRTG Telkom ini melalui: http://username:password@mrtg.mohonmaaf.com/nice-3d/telkomnet.html

Pada grafik ini dapat terlihat bahwa tingkat penggunaan bandwidth Telkom ke jalur OpenIXP (40Gbps) dan juga ke IIX (10Gbps) sudah sangat penuh pada jam sibuk (jam 8-22) dan baru mulai berkurang setelah jam offpeak (22-07). Hal ini yang menyebabkan gangguan akses pada website lokal sangat umum terjadi pada isp IndiHome karena penuhnya bandwidth yang sudah sangat tidak memadai ini.

Berhubung posisi IndiHome merupakan sole leader sebagai ISP yang paling umum digunakan di seluruh indonesia, maka masalah ini juga mengakibatkan masalah turunan lainnya yang dapat berdampak kritis seperti layanan perbankan, IT rumah sakit ataupun transaksi ecommerce lainnya.

Kesimpulan

Berapa pun besarnya paket yang anda gunakan dari ISP IndiHome tidak berpengaruh pada masalah overbandwidth dari sisi infrastruktur Telkom ke OpenIXP dan IIX saat ini kecuali dari pihak Telkom melakukan upgrade/penambahan multi port minimal 100Gbps untuk memastikan pelanggannya dapat melakukan akses pada konten lokal dengan lancar. Untuk saat ini yang dapat anda lakukan sebagai pengguna layanan IndiHome adalah dengan turut melakukan komplain ke call center 147 ataupun melalui sosial media Telkom (Facebook/Telkom) agar Telkom dapat segera melakukan upgrade infrastruktur yang digunakannya ke jalur OpenIXP dan IIX. Untuk masalah ini sayangnya tidak dapat kami perbaiki berhubung letak masalah berada pada faktor bandwidth infrastruktur yang digunakan telkom saat ini tidak memadai ke jalur OpenIXP dan IIX.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.