CloudFlare-logo

Cara Setup CloudFlare dan Railgun

Salah satu hal penting dalam pembuatan website anda dan sering terlupakan adalah memastikan bahwa konten website anda juga dapat diakses dengan kecepatan terbaik, dengan beberapa trik sederhana seperti pemanfaatan CDN (Content Delivery Network) CloudFlare dan Railgun ini bahkan dapat meningkatkan kinerja akses website anda hingga 100%! Beberapa CMS populer akan mendapat manfaat sangat signifikan dari penggunaan CDN CloudFlare dan Railgun ini salah satunya adalah CMS WordPress.

HostingCeria merupakan Partner CloudFlare dan sudah mendukung sepenuhnya teknologi CDN CloudFlare dan Railgun ini pada semua paket hosting kami dengan gratis tanpa biaya tambahan apa pun!

Pada tutorial ini akan dibahas mengenai cara setting dan aktivasi CloudFlare serta Railgun pada layanan Hosting anda. Hanya diperlukan 5 menit saja untuk aktivasi fitur CloudFlare dan Railgun pada layanan hosting anda, yuk simak panduannya berikut ini.

1. Login dahulu pada cPanel anda dan klik icon CloudFlare berikut ini:

2. Klik tombol hijau untuk membuat akun CloudFlare anda, masukkan alamt email anda serta password, atau jika anda sudah memiliki akun sebelumnya silakan klik link Sign In pada bagian bawah tombol hijau.

3. Pada tampilan berikutnya akan terlihat nama domain anda, kemudian klik tombol hijau pertama berlabel “Provision Domain with CNAME Setup” kemudian tunggu beberapa saat sampai semua prosesnya selesai.

4. Pada tampilan berikutnya jika prosesnya sudah berhasil maka akan muncul status penggunaan CloudFlare adalah “Active” dan pada list DNS bagian bawah anda dapat menentukan record DNS yang ingin anda aktifkan fungsi CloudFlare, namun secara umum hanya 2 record CNAME yang digunakan yaitu untuk domainanda.com dan www.domainanda.com

5. Untuk mengaktifkan fitur Railgun, silakan klik tab “HOME” pada bagian atas untuk mengakses menu Railgun:

6. Scroll pada bagian bawah dan anda akan menemukan submenu “Railgun” beserta slider ON/OFF yang dapat anda klik dan berubah menjadi ON berwarna hijau.

7. Untuk setup terakhir yang bersifat opsional, silakan masuk ke tab “SETTINGS“:

8. Scroll pada bagian bawah untuk menemukan submenu “Auto Minify” dan centang ketiga kotak yang tersedia. Sebagai catatan bahwa langkah ini tidak bersifat wajib dan perlu anda tes lebih lanjut jika mengakibaktan cacat tampilan/error pada web anda.

9. Langkah opsional lainnya jika anda merasa website anda sedang dalam pengaruh serangan DDOS, maka anda juga dapat mengaktifkan opsi “Under Attack” mode pada bagian kanan atas. Aktifkan fitur ini hanya jika anda positif mendapati serangan pada web anda karena akan mengakibatkan akses web anda kurang optimal.

10. Silakan nikmati peningkatkan kinerja akses web anda super cepat bersama CloudFlare dan RailGun serta manfaat proteksi tambahan yang diberikan CloudFlare!

Tips dan catatan lain perihal CloudFlare:

  • Anda dapat melakukan pengetesan menggunakan Google PageSpeed, GTMetrix atau WebPageTest untuk membandingkan kecepatan website anda sebelum dan setelah menggunakan CloudFlare + Railgun dari HostingCeria
  • Pastikan untuk web anda memiliki Home URL menggunakan alamat dengan www misalnya “http://www.domainsaya.com”, terutama jika anda menggunakan WordPress, pastikan konfigurasi di Dashboard > Settings > General tertera Site Address anda menggunakan www tersebut.
  • Login ke akun CloudFlare anda untuk melihat statistik traffic dan penggunaan bandwidth yang sudah dihemat.
  • Login ke akun CloudFlare anda dan klik di menu Security untuk mengaktifkan fitur Free SSL.
  • CloudFlare juga dapat diset ke “Development Mode” pada tab Settings untuk mematikan fitur cahe di CloudFlare ketika anda sedang bekerja melakukan update untuk content website Anda. Fitur ini akan dimatikan otomatis setelah 3 jam.
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.